Kamis, 09 Oktober 2014

My Beloved Hometown... Sumbawa!



Sebelum kita membahas lebih dalam lagi tentang SUMBAWA, ada baiknya temen-temen mengetahui Letak dari Pulau Sumbawa...  Kota Sumbawa itu terletak pada Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tengara Barat dan berada di ujung barat Pulau Sumbawa, pada posisi 116" 42' sampai dengan 118" 22' Bujur Timur dan 8" 8' sampai dengan 9" 7' Lintang Selatan.

nahhh Kabupaten ku ini lebih dikenal dengan moto Sabalong Samalewa ,  berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa Barat di sebelah barat, Kabupaten Dompu di sebelah timur, Laut Flores di sebelah utara dan Samudra Indonesia di sebelah selatan. Sabalong Samalewa artinya serasi atau simbang fisik dan mental spiritual. Keren kan Temen-temen (y)

Sama halnya dengan Daerah lain nya, Kabupaten Sumbawa juga memiliki budaya tradisional yang Khas dan beragam... Pada Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 2 Budaya Khas Sumbawa , yaitu Nyorong dan Maen Jaran.

1. Nyorong


Nyorong adalah Kebudayaan yang turun-temurun dilakukan. Nahh nyorong ini dilakukan saat sebelum resepsi pernikahan. dalam upacara Nyorong ini mempelai pria memberikan seserahan berupa perlengkapan sang calon istri. Biasanya keluarga dari mempelai lelaki mengantarkan seserahan dengan menggunakan pakaian adat Sumbawa. 

2. Maen Jaran

Nahhh Gambar disamping merupakan Permainan Tradisional Masyarakat Sumbawa . Maen Jaran sendiri merupakan Pacuan Kuda yang diselenggarakan pada setiap musim kering pada tiap tahun. Lokasi pacuan tersebut dikenal dengan nama "Kerato" dan penunggang kuda disebut dengan panggilan "Juki Cilik". 

Hmmm sekarang sampailah kita pada pemabahasan yang selalu di tunggu-tunggu, yaitu Makanan Khas Sumbawa... hmmmm Yummy! Pada postingan kali ini kita akan membahas secara singkat tentang 2 makanan Khas Daerah Sumbawa.

1. Sepat

 Sepat merupakan masakan Khas Sumbawa yang terbuat dari bahan dasar ikan laut. Rasanya seperti asam-asam segar. Masakan ini biasanya merupakan menu wajib selama Bulan Ramadhan, apalagi ditambah dengan Kerupuk Kulit Sapi "Mikong/Keropo Lenong" maka sajian ini akan benar-benar menggugah selera makan kita.... 





2.Permen Susu

Nahhh temen-temen, ini adalah makanan Sumbawa kesukaan saya :D Yup! ini adalah Permen Susu Asli yang terbuat dari Susu Kerbau murni perahan dari Sumbawa . Makanan yang satu ini cocok bagi kita yang doyan ngemil. Tekstur nya padat dan berwarna kecoklatan. Rasanya yang manis dijamin akan membuat temen-temen ketagihan...




Daerah Sumbawa juga memiliki kebudayaan yang menjadi ciri khas masyarakat Sumbawa yaitu Lawas (Puisi Sumbawa). Lawas merupakan karya seni yang sangat terkenal di Tana Samawa. Lawas berfungsi sebagai sarana mengungkapkan isi hati seseorang kepada orang lain baik secara lisan maupun tulisan. Terkadang Lawas juga digunakan oleh para Taruna Samawa (Pemuda) untuk merayu dan menarik hati para Dadara Samawa (Gadis). Keren kan (y) hehehehe 

Ok guys sekian dulu postingan tentang daerah asal ku , G'night ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar